Rabu, 27 April 2016

00.17 - No comments

WISATA DI CIREBON

TEMPAT-TEMPAT WISATA DI CIREBON

Cirebon menjadi salah satu Kota yang memiliki perkembangan yang sangat pesat, letaknya di Jawa Barat dan menjadi kota ketiga yang memiliki kemajuan yang luar biasa setelah Bandung dan Bekasi. Cirebon dikenal sebagai tempat para Sunan, ada banyak sekali peninggalan sejarah di Kota ini.

Cirebon juga dikenal sebagai penghasil batik. Di bawah nanti juga saya ajak anda ke tempat pengrajin dan penjual batik terkenal di Cirebon. Sebelum kita kupas tempat wisata di Cirebon ada baiknya kalau kita sedikit berkenalan dengan kota ini. Pada awalnya Cirebon berasal dari kata sarumban, Cirebon adalah sebuah dukuh kecil yang dibangun oleh Ki Gedeng Tapa. Lama-kelamaan Cirebon berkembang menjadi sebuah desa yang ramai yang kemudian diberi nama Caruban (carub dalam bahasa Cirebon artinya bersatu padu). Diberi nama demikian karena di sana bercampur para pendatang dari beraneka bangsa diantaranya Sunda, Jawa, Tionghoa, dan unsur-unsur budaya bangsa Arab), agama, bahasa, dan adat istiadat. kemudian pelafalan kata caruban berubah lagi menjadi carbon dan kemudian cerbon.

Banyak sekali tempat-tempat yang menarik di kunjungi apabila singgah di Cirebon, baik dari segi kebudayaan, wisata alam, maupun kuliner.
Nah, berikut ini adalah tempat-tempat yang menarik untuk di kunjungi ketika mampir ke Cirebon.

1. TEMPAT WISATA SEJARAH KERATON KASEPUHAN DI CIREBON


Keraton Kasepuhan menjadi tempat wisata di Cirebon yang wajib anda kunjungi, tempat ini sangat terawat dan menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Cirebon.
Keraton ini sangat megah dan paling keren di Cirebon, sangat sayang sekali kalau kita lewatkan. Lokasinya ada di Jl. Jagasatru, Cirebon. Anda bisa menemukan keraton ini dengan mudah.

Pembangunan keraton ini dilakukan sekitar tahun 1529 oleh Pangeran Mas Mochammad Arifin II (cicit dari Sunan Gunung Jati). Terdapat museum di dalamnya, berisi aneka benda pusaka dan lukisan koleksi kerajaan. Dahulu, nama keraton ini adalah Keraton Pakungwati sebagai bentuk penghormatan kepada Pangeran Mas Mochammad Arifin yang juga bergelar Panembahan Pakungwati I.

Di bangunan ini anda akan melihat akulturasi budaya jawa, sunda, China, India, Arab dan Eropa. Keberadaan dua patung macan putih di gerbang keraton melambangkan bahwa Kesultanan Cirebon merupakan penerus Kerajaan Padjajaran serta memperlihatkan pengaruh agama Hindu pada masa itu. Gerbang yang menyerupai pura di Bali, ukiran daun pintu gapura yang bergaya Eropa, pagar Siti Hingilnya dari keramik Cina, serta tembok bata merah khas Jawa yang mengelilingi keraton merupakan fakta akulturasi tersebut.

2. OBJEK WISATA KERATON KANOMAN DI CIREBON

Keraton Kanoman juga menjadi salah satu tempat wisata terpopuler di Cirebon. Keraton inilah yang pada mulanya merupakan pusat peradaban Kesultanan cirebon.
Namun, seiring perkembangannya, kesultanan CIrebon terpecah menjadi Keraton Kanoman, Keraton Kasepuhan, Keraton Kacirebonan, dan Keraton Keprabon.

Keraton ini menjadi salah satu saksi sejarah perkembangan Islam di bumi Cirebon. Keraton Kanoman di bangun oleh Pangeran Mohamad Badridin atau Pangeran Kertawijaya, yang bergelar Sultan Anom I pada tahun 1588.
Lokasi keraton ini berada di Jl. Winaon, Kampung Kanoman, Kel. Lemah Wungkuk, Cirebon. Disini anda bisa melihat benda-benda peninggalan sejarah, seperti yang paling terkenal adalah Kereta Perang Paksi Naga Liman dan Kereta Jempana yang masih terawat dan terjaga hingga kini.

3. OBYEK WISATA TAMAN ADE IRMA SURYANI DI CIREBON

Objek wisata di Cirebon selanjutnya adalah Taman Ade Irma Suryani. Dahulunya taman ini namanya adalah Taman Traffic Garden Cirebon.
Di taman ini kita dapat menikmati pemandangan yang sangat indah, lokasinya tepat berada di pinggir laut pantai utara Cirebon, letaknya berdampingan dengan pelabuhan Cirebon.

Disini, anda bisa menikmati berbagai fasilitas permainan, terutama untuk anak-anak, juga ada kebun binatang, wisata pantai, hingga hiburan berupa acara musik di hari Minggu yang didukung banyak artis terkenal. Inilah sebab mengapa Taman Ade Irma Suryani adalah salah satutempat wisata keluarga di Cirebon yang populer.
Bagaimana? Anda tertarik untuk liburan ke taman ini? Lokasinya ada di Jl. Yos Sudarso, Cirebon. Kita bisa menemukan taman ini dengan mudah.

4. OBJEK WISATA SEJARAH TAMAN SARI GUA SUNYARAGI DI CIREBON

Satu lagi bangunan peninggalan sejarah di Cirebon yang menarik untuk kita kunjung, Taman sari Gua Sunyaragi. Lokasinya ada di Jl. Brigjen Darsono, Kel. Sunyaragi, Cirebon.
Cagar budaya ini berdiri di atas lahan seluar kurang lebih 1,5 Ha. Bangunan ini didirikan oleh Pangeran Kararangen atau Pangeran Arya Carbon sekitar tahun 1703. Adapun filosofi nama cagar budaya ini adalah Sunya artinya sepi, Ragi artinya raga, atau tempat untuk bermeditasi (menyepi).Di area ini ada 18 bangunan peninggalan sejarah yang merupakan perpaduan budaya Indonesia dan China.

5. DESTINASI WISATA BANYU PANAS PALIMANAN DI CIREBON

Objek wisata di Cirebon yang selanjutnya adalah Banyu Panas Palimanan. Sesuai dengan namanya, anda bisa menikmati mandi air panas sampai puas disini.
Dengan mandi air panas, maka tubuh kita akan segar kembali, ada banyak manfaat mandi air panas, aliran darah kita menjadi lancar, membunuh kuman dan bakteri.
Objek wisata keluarga di Cirebon yang satu ini selalu ramai oleh wisatawan apalagi kalau akhir pekan, bagi anda yang tertarik untuk mandi disini, lokasinya ada di dalam wilayah pabrik semen PT Indocement Tunggal Prakarsa, Desa Palimanan Barat, Kecamatan Gempol, Cirebon (Jalan Raya Cirebon – Bandung KM. 20).

6. WISATA RELIGI MASJID AGUNG SANG CIPTA RASA CIREBON

Masjid ini merupakan peninggalan keraton Pakungwati, pada mulanya masjid juga bernama masjid pakungwati. Lokasi masjid ini ada di dalam kompleks Keraton Kasepuhan, persis bersebelahan dengan alun-alun keraton.
Nah, inilah salah satu tempat siar islam tersebar, di tempat ini Sunan Gunung Jati menyusun dan bermusyawarah tentang rakyatnya bersama para ulama lainnya. Sunan Gunung Jati menjadi sultan Cirebon yang pertama, dan masjid ini merupakan salah satu saksinya. Pada lokasi mihrab, terdapat tiga buah batu tegel lantai khusus yang dulu dipasang oleh Sunan Gunung Jati, Sunan Bonang, dan Sunan Kalijaga.
Jika anda ke Cirebon tidak lengkap rasanya kalau tidak mampir ke Masjid ini, untuk Sholat tentunya. Masjid Agung Sang Cipta Rasa adalah landmark yang menarik di Cirebon, dengan sembilan pintu yang menyimbolkan Wali Songo. Pintu masuk ke bangunan utamanya yang sungguh kecil membuat Anda harus membungkuk untuk masuk, inilah filosofi penghormatan untuk masuk ke rumah Allah. Konon, Masjid Agung Sang Cipta Rasa adalah pasangan dari Masjid Agung di Demak. Di masa ketika pembangunan Masjid Agung Demak dilakukan, Sunan Gunung Jati meminta izin untuk membangun pasangannya di Cirebon.
Alama lengkap masjid ini berada di Jl. RA. Kartini, Kecamatan Kejaksan, Cirebon (dalam kompleks Keraton Kasepuhan).

7. TEMPAT WISATA BELANJA TERKENAL BATIK TRUSMI CIREBON

Nah ini dia tempat pengrajin dan penjual batik yang terkenal di Cirebon.  Konon, Trusmi merupakan nama seorang tokoh, murid dari Sunan Gunung Jati, yaitu Ki Gede Trusmi, yang mengajarkan Islam kepada penduduk sekaligus cara membatik.
Anda bisa menemukan aneka motif batik yang keren disini. Produksi batik Cirebonan terdiri dari batik Tulis, batik Cap, dan batik kombinasi tulis cap.

Tempat wisata di Cirebon yang satu ini adalah salah satu yang disukai oleh banyak wisatawan yang ingin berburu batik Cirebon dengan harga yang lebih murah dan berkualitas. Lokasinya ada di Trusmi Kulon, Plered, Cirebon.

8. WAHANA BERMAIN WATERBOOM DAN WAHANA  OUTBOND SIWALK DI CIREBON

Anda mau liburan seru di Cirebon? Anda bisa mengunjungi Siwlak. Ada banyak sekali wahana disini, salah satunya ada waterboom Siwaltk. Lokasinya ada di desa Setu Patok, Kec. Mundu, berjark sekitar 8 km dari jalur utama Pantura Mundu. Objek wisata Cirebon yang satu ini berdiri di atas lahan seluas 175 hektar, dikelilingi perbukitan kecil dan hamparan sawah hijau. Pemandangan indah dan alami adalah daya tarik dari taman yang sering dijadikan sebagai salah satu tempat outbond di Cirebon yang disukai.

Ada banyak wahana permainan di tempat wisata Cirebon ini, di antaranya ATV, flying fox, zona petualangan, speed boat, pemancingan, hingga kolam renang. Menyew perahu getek untuk menikmati panorama indah di Setu Patok adalah cara lain yang menarik untuk dilakukan di area wisata ini. Tak ayal, destinasi wisata di Cirebon ini sungguh menarik untuk dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata keluarga di Cirebon. Jika Anda menyukai olahrga golf, Anda dapat memainkannya di Taman Wisata Siwalk.

Sekitar 8 km dari jalur utama Pantura Mundu. Objek wisata Cirebon yang satu ini berdiri di atas lahan seluas 175 hektar, dikelilingi perbukitan kecil dan hamparan sawah hijau. Pemandangan indah dan alami adalah daya tarik dari taman yang sering dijadikan sebagai salah satu tempat outbond di Cirebon yang disukai.

9. OBJEK WISATA SITU SEDONG DI CIREBON

Situ ini kini juga berfungsi sebagai tempat wisata, anda bisa berkeliling waduk dengan menyewa boat. Lokasi waduk ini ada di Kecamatan Sedong, Waduk ini adalah waduk buatan yang digunakan untuk menampung air hujan dan air sungai untuk pengairan pertanian. Selain fungsi utamanya sebagai waduk, Situ Sendok mempunyai pemandangan alam yang sangat indah sehingga difungsikan sebagai tempat wisata.
Cara menikmati keindahan Situ sedong adalah dengan berjalan memutar ke sebelah kiri dari jalan masuk. Untuk melihat keindahan Situ Gendong, kamu bisa mengunjunginya ketika sore hari dimana sinar matahari sudah tidak terlalu terik dan cuaca berubah menjadi lebih sejuk. Selain itu kamu bisa menyaksikan sunset di Situ Sedong yang akan membuat kamu mengela nafas karena keindahannya. Di Situ Gendong kamu juga bisa memancing tanpa dipungut biaya.

10. OBJEK WISATA DANAU SETU PATOK DI CIREBON

Situ ini masih berada di Siwalk, lokasinya sama di kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon.Disini anda bisa menikmati banyak fasilitas seperti Pondok Wisata, Golf Driving, Swimming Pool, Waterboom, Tempat Pemancingan, Terapi Ikan, Paintball, Outbond, Flyingfox, Atv Off Road, Family Off Road, Perahu boat, Taman hijau, dan ada penginapannya juga gan, villa.Lengkap semua, anda bisa menikmaati liburan seru bersama keluarga atau teman


11. DESTINASI WISATA WANAWISATA CIWARINGIN DI CIREBON

Satu lagi tempat wisata alam di Cirebon yang tidak boleh dilewatkan, anawisata Ciwaringin. Lokasinya ada di Desa Ciwaringin. Di kawasan hutan wisata ini banyak terdapat kayu putih.
Bagi kamu yang suka dengan aktivitas memancing bisa memancing di Danau Ciranca. Di tempat ini juga tersedia arena motor cross. Tidak heran bila kawasan Wanawisata Ciwaringin selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan dari berbagai kota. Bagi anda yang menginginkan suasana yang asri, pemandangan yang indah serta udara yang sejuk, disinilah tempatnya.

12. TEMPAT WISATA KULINER DI DESA WISATA CIKALAHANG CIREBON

Sebenarnya bukan hanya kuliner saja, disini anda juga bisa menikmati memancing di Desa Wisata Cikalahang. 
Kamu bisa memancing ikan sendiri di kolam pemancingan kemudian meminta pengelola untuk memasaknya menjadi ikan bakar nan lezat dan mantap. Kawasan wisata ini terletak sekitar 6 km dari Kota Sumber dan 1 km dari jalan alternatif Cirebon Majalengka. Kondisi lingkungan di tempat ini masih sangat asri sehingga sangat nyaman untuk dijadikan tempat wisata.
Bagaimana? Pasti seru rasanya kita menikmati ikan hasil pancingan kita sendiri. Apalagi ikan bakar ajib rasanya.


0 komentar:

Posting Komentar