23.53 -
Seputar Komputer
No comments
Microsoft Access
REVIEW DAN KEGUNAAN MICROSOFT ACCESS 2010
Pengertian Microsoft Access.
Bagi anda yang pernah mengenyam pendidikan komputer di
Sekolah, pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Microsoft Word, Excel dan
Powerpoint.Word digunakan untuk mengetik dokumen, Excel untuk membuat tabel,
dan Powerpoint untuk merancang presentasi.Kebanyakan orang hanya mengetahui
ketiga aplikasi Microsoft ini, padahal masih banyak aplikasi Microsoft lain
yang mempunyai fungsi tak kalah penting dari Word,Excel dan Powerpoint.Salah
satunya yaitu Microsoft Access.
Pertama kali anda membuka Microsoft Access, pasti anda
merasa asing.Gimana sih bikin tabel ,ini fungsinya buat apaan ya.Memang
microsoft access agak berbeda dari aplikasi microsoft lainnya. Microsoft Access
adalah aplikasi yang berguna untuk membuat, mengolah, dan mengelola basis data
atau lebih dikenal dengan database.Database adalah kumpulan arsip data
berbentuk tabel yang saling berkaitan untuk menghasilkan informasi.Data
digunakan sebagai masukan yang akan diolah menjadi informasi
Fungsi Umum Microsoft Access
Fungsi Microsoft Access :
untuk membuat program aplikasi persediaan barang
untuk membuat program aplikasi gaji pegawai
untuk membuat program aplikasi kehadiran dan lain-lain
Fungsi Bagian-Bagian pada Microsoft Access
Table digunakan untuk menyimpan data
Query digunakan untuk memanipulasi data
Form digunakan untuk frontend aplikasi. Biasanya untuk
menampilkan data, menambah data dll.
Report digunakan untuk membuat laporan
Macro digunakan untuk melakukan satu atau beberapa
fungsi.
Switchboard digunakan untuk membuat menu utama
Table
Apa itu Table?
Table adalah tempat untuk menyimpan data. Contohnya data
barang disimpan di table barang
Kenapa kita harus buat table ?
Karena kalau kita tidak buat table kita tidak dapat
menyimpan data, Jika tidak ada data yang disimpan data tidak dapat diproses.
Langkah membuat Table
Pada jendela database klik Table.
klik dua kali create table in design view
pada jendela table ketikan field-field table beserta tipe
datanya.
Pilih File Þ Save.
tutup table untuk membuat table-table lainnya.
Query
Apa itu Query ?
Query adalah ‘permintaan data’ kita berupa bahasa bisnis,
untuk mengolah data dalam tabel(-tabel) menjadi satu informasi yang bisa
dimengerti. Seperti mengelompokkan sepuluh penjualan terbesar oleh customer
yang dimiliki. Ia bisa berdasarkan pada satu tabel saja, atau pada dua/lebih
tabel, ataupun berdasarkan pada query yang telah ada.
Manfaat Query :
Dengan Query kita dapat :
Menampilkan data-data tertentu pada suatu table, contohnya
kita hanya ingin melihat data pada table barang yang kode barangnya “B001”
Menampilkan data dari dua table atau lebih dengan syarat
anatr table itu ada field yang berhubungan. Contohnya kita ingin melihat Nomor
Faktur “F0001” itu siapa pemiliknya. Di sini kita mengambil data dari table
Header Penjualan dan Table Karyawan, Sebagai penghubungnya adalah field NIK.
Dapat melakukan operasi perhitungan.
Itulah tiga fungsi utama query.
Query biasanya digunakan sebagai sumber data untuk
Report.dan Form.
Form
Apa itu Form ?
Form digunakan untuk merepresentasikan ke user atau menerima
inputan dari user data-data dalam tabel/query dalam bentuk interface grid,
tombol, dan lain-lain kontrol windows. form dalam access bisa dimasukkan ke
dalam form lain sebagai control sub form, biasanya jika bekerja dalam transaksi
master-detail.
Report
Apa itu Report ?
Report, seperti halnya form, digunakan untuk
merepresentasikan hasil olahan data menjadi informasi yang siap di cetak di
lembaran kertas.
Mengapa kita perlu membuat Report ?.
Jika Atasan Anda meminta laporan penjualan kepada anda,
tentunya anda akan segera menyiapkannya anda bisa mencetak table penjualan
sebagai laporan tetapi hasil cetakannya tidak seperti laporan yang diinginkan.
Cara yang terbaik adalah dengan membuat Laporan Penjualan tersebut dengan
menggunakan Report. Dengan Report kapanpun Laporan dibutuhkan maka dengancepat
kita dapat menyediakannya.
Bagaiamana Cara Membuatnya ?
Report dapat dibuat dengan dua cara yaitu maual dan wizards.
Pada tutorial terdapat beberapa contoh pembutan report., anda tinggal mengikuti
langkah-langkah pembuatannya.
Pembuatan Report
Report Struk Penjualan
digunakan untuk mencetak struk barang-barang yang dibeli
karyawan.
Sebelum kita buat reportnya terlebih dulu kita buat
sumberdata untuk report ini. Sumber data sebuah report bisa dari table atau
dari Query. Untuk keperluan ini kita akan membuat Query Struk, Berikut Design
untuk Query Struk, Simpan dengan namaqry_Struk
Pada Jendela Database klik Report. Klik New,
muncul jendelaReport Wizard
Klik dua kali No_Fak untuk menghasilkan gambar,
Klik Finish, akan tampil design report struk
SwitchBoard
Apa Itu SwitchBoard ?
Semua Form dan Report telah selesai, sekarang kita buat Menu
Utamanya. Pada Access kita dapat membuat menu utama dengan memakai SwitchBoard. Caranya :
– Pada menu bar Pilih Tools Þ Database
Utilities Þ Switchboard Manager
– Akan muncul message box switchboard klik Yes
– Pada Jendela Switchboard Manager klik Edit lalu
klik New
Pada umumnya Microsoft Access digunakan untuk membuat
database (kumpulan data-data). Berikut adalah berbagai macam dari Database
Management System ( DBMS ) :
MySQL
ORACLE
FIREBIRD
Microsoft SQL server 2000
Visual Foxpro 6.0
Database Desktop Paradox
dll.
Keuntungan menggunakan Database :
Kontrol data terpusat
Data dapat dipakai bersama (share)
Redundansi data ( kerancuan data ) dapat dihindari dan
dikontrol
Independensi data
Integritas data yang terpelihara
dll.
Berikut adalah cara membuat database sederhana dengan Microsoft Access 2010 :
1. Buka Microsoft Access ( 2010 ) > pilih blank database > isi nama database > create
2. Setelah Klik create maka akan keluar tampilan jendela seperti ini
3. Langkah selanjutnya adalah mengcreate table dengan mode design view untuk mengatur pembuatan field untuk table yang kita buat.
4. Setelah mengklik Design View maka akan keluar jendela untuk kita membuat field dan mengatur field properties dari table yang telah kita buat.
5. Setelah mengatur field properties, klik kanan pada icon table yang kita buat dan klik open dan kita tinggal mengisi record untuk field table yang telah kita buat.
6. Save Database.
Perlu diketahui bahwa ekstensi file Microsoft Access 2010 berbeda dengan Microsoft Access 2003. Misalkan teman anda ingin melihat Database yang anda buat dengan Microsoft Access 2010, sedangkan teman anda menginstal Microsoft Access 2003 di laptopnya. Maka sudah pasti Database yang dibuat di Microsot Access 2010 tersebut tidak akan bisa dibuka di Microsoft Access 2003.
Cara Untuk Membuka file berekstensi .accdb (Access 2010) di Microsoft Access 2003 ( .mdb ) adalah sebagai berikut :
Klik file > Save & Publish > Access 2000 Database
0 komentar:
Posting Komentar